Sinanggul Kembangkan Telur Puyuh Asin

telur puyuh asin
Sinanggul merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Di desa ini terdapat UMKM Ternak Puyuh yang dikelola oleh Sofyan Murjianto beserta istri Rika Agustina yang tinggal di Desa Sinanggul RT 13 RW 02.
Sejak tahun 2015 Pak Sofyan berternak burung puyuh bersama warga sekitar RT 13 dengan tujuan dapat meningkatkan ekonomi keluarga. Membentuk kelompok peternak burung puyuh untuk memudahkan koordinasi antar para peternak. Sebelum adanya wabah covid-19 koordinasi kegiatan kelompok peternak burung puyuh dilakukan tiga bulan sekali. Koordinasi kegiatan tersebut sangat membantu peternak untuk meningkatkan daya produksi burung puyuh. Namun, dengan keadaan pandemi seperti sekarang, daya gerak kegiatan dibatasi hampir satu tahun koordinasi kegiatan kelompok tersebut tidak berjalan. Dengan adanya pandemi ini, banyak peternak yang terdampak sehingga hanya ada beberapa peternak yang masih bertahan. Saat ini harga pakan puyuh naik, namun tidak diimbangi pada kenaikan harga penjualan telur puyuh, sehingga para peternak mengalami penurunan pendapatan.
telur puyuh asin
Di Desa Sinanggul datang Tim KKN Unisnu Kelompok 54 yang sedang melaksanakan KKN. Tim yang terdiri dari M. Alreiga Affandi Siswoyo, Putri Rizkia, Nurul Fatikhatul Khusna, Khoirunnisa’ Dzakiroh dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta M. Devied Fajarprastian dari Fakultas Sains dan Teknologi dengan dosen pendamping Fatchur Rohman, S.E., M.PD., M.SI., CADE., CAAT. Kami sepakat menggandeng Pak Sofyan sebagai mitra kami. Kami memilih bermitra dengan Pak Sofyan karena ingin membantu pemulihan perekonomian UMKM tersebut di masa pandemi. “Tujuan utama kami adalah lebih mengembangkan inovasi produk dan pemasaran media sosial” ujar M. Alreiga Affandi Siswoyo selaku Ketua Kelompok KKN 54.
Dari hasil diskusi dengan Tim KKN Unisnu Kelompok 54 yang diketuai oleh M. Alreiga Affandi Siswoyo, akhirnya ditemukan cara untuk mengembangkan usaha tersebut dengan melakukan inovasi produk dari hasil ternak puyuh yaitu telur puyuh asin. Tim KKN Unisnu Kelompok 54 memberikan arahan bagaimana cara membuat produk telur puyuh asin kepada Pak Sofyan beserta istri. Pemberian arahan tersebut dilakukan dikediaman Pak Sofyan. Tim KKN Unisnu Kelompok 54 juga membuatkan watermark untuk produk telur puyuh asin Pak Sofyan. Sekaligus Tim KKN Unisnu Kelompok 54 memasarkan melalui media sosial.
Sementara itu, Pak Sofyan selaku pemilik usaha menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKN Unisnu Kelompok 54. “Saya berterimakasih kepada mahasiswa KKN karena telah membantu dalam pengembangan inovasi produk dan strategi pemasarannya” ujar Pak Sofyan selaku pemilik.
About Humas 19 Articles
Anggota BPD Desa Sinanggul

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan