Mahasiswa KKN UNISULA Semarang Adakan Program Bimbel di RT 038 Sinanggul

SINANGGUL- Salah satu program yang dijalankan mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA) Semarang yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah dengan memperkuat literasi masyarakat di RT 038/07 Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Hal ini diwujudkan dengan mengadakan kegiatan bimbingan belajar (bimbel) bagi anak-anak.

Kegiatan bimbel ini merupakan salah satu progam kerja dari Kelompok KKN UNISULA yang bermitra dengan RT 038 Sinanggul. Selama KKN berlangsung, mahasiswa mengadakan bimbel untuk anak-anak di RT 38 Desa Sinanggul. Bimbingan belajar dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu di Rumah Bapak A. Qoyum.
Acara ini disambut baik oleh warga sekitar. Bisa dilihat dari jumlah anak yang mengikuti bimbel di posko. Semakin hari, jumlahnya semakin bertambah. Kegiatan bimbel ini sangat membantu anak-anak untuk memahami pembelajaran di sekolah. Paling tidak, mahasiswa KKN bisa membantu dalam mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh para guru saat ada di sekolah.

Walaupun dalam bimbel ini disesuaikan dengan keinginan dan permintaan anak, namun dalam pembelajaran akan diusahakan seoptimal mungkin. Kebanyakan dari anak-anak yang datang ke posko, mengaku agak kesusahan dalam memahami sebagian pelajaran. Dari sinilah, yang membedakan tempat sekolah dengan bimbel yang diadakan oleh mahasiswa KKN, yaitu pembelajaran yang santai, intensif, dan lebih interaktif. Oleh karena itu, anak-anak bisa terbantu untuk menghadapi kesusahan dalam pembelajaran.

Bimbel yang diadakan bukan hanya pendidikan yang bersifat pengetahuan formal saja. Akan tetapi, anak-anak juga di ajari pengetahuan seperti belajar komputer. Salah satu tujuan bimbel sendiri yaitu untuk meningkatkan minat belajar anak-anak dengan cara membantu kesulitan anak-anak dalam proses pembelajaran.

Hal tersebut juga direspon baik oleh pengurus RT. 038 Sinanggul, Faizin mengatakan bahwa kegiatan pendampingan pembelajaran yang diadakan oleh mahasiswa KKN ini penting bagi anak-anak generasi penerus, apalagi kegiatan tersebut dilakukan dengan jemput bola langsung ke lokasi yang dekat dengan anak-anak yang mana sesuai dengan salah satu program desa yaitu membangkitkan gemar membaca bagi masyarakat desa Sinanggul.

Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya bimbel ini, anak-anak bisa lebih memahami pelajaran yang belum bisa. Walaupun kegiatan bimbingan saat belajar santai, namun kondisinya masih tetap kondusif. Meskipun waktunya hanya singkat, semoga dengan adanya bimbel yang diadakan oleh mahasiswa KKN bisa membantu meningkatkan minat belajar anak-anak yang masih dilingkup sekolah, sehingga sumber daya manusia (SDM) menjadi semakin membaik dan bermanfaat untuk warga sekitar yang ada di RT 038 Desa Sinanggul.

About Humas 19 Articles
Anggota BPD Desa Sinanggul

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan