Pembinaan 5M Terhadap Kerumunan

Sinanggul 24/02, Tim pembinaan posko Desa Sinanggul melakukann pembinaan terhadap kegiatan yang menimbulkan kerumunan di wilayah RT 14 Sinanggul. Tim posko desa Tekankan Pentingnya program 5 M untuk menuju new normal dalam perilaku hidup masyarakay.

Disampaikan oleh Tim pembinaan posko desa Sinanggul bahwa untuk mengurangi penyebarluasan covid 19 masyarakat perlu untuk selalu memperhatikan dan menerapkan 5M. Berikut Kepanjangan serta penjelasan dari 5M yang disampikan oleh tim pembinaan :

1. Memakai masker.

Pastikan memakai masker dengan cara yang benar mulai dari beraktifitas diluar rumah sampai tiba lagi di rumah. Penggunaan masker dapat melindungi kita dari paparan zat berbahaya, termasuk virus dan bakteri, yang terdapat di udara.

2. Menjaga jarak.

Sebisa mungkin menerapkan jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Pasalnya, saat ini orang yang telah terinfeksi virus corona bisa saja tampak sehat atau biasa disebut dengan orang tanpa gejala (OTG) sehingga alangkah baiknya untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain.

3. Mencuci tangan.

Cara mencegah virus corona yang tak kalah penting adalah sering mencuci tangan. Terutama setelah dari toilet, setelah batuk dan bersin, serta sebelum dan sesudah makan. Dilansir dari Kemenkes RI cara cuci tangan yang benar adalah dengan membasuh tangan dengan air yang mengalir, lalu aplikasikan sabun cuci tangan. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela jari dan juga rongga kuku. Kemudian bilas dengan air mengalir dan keringkan menggunakan tisu.

4. Menghindari kerumunan

Kita harus mulai membiasakan diri untuk menghindari kerumunan. Hal ini dikarenakan selama berada didalam kerumunan mungkin kita tertular dari benda yang berada di sekitar kita.

5. Mengurangi mobilitas

Saat kita berpergian memungkinkan kita masuk kedaerah yang memungkinkan dapat menularkan virus sehingga aktivitas yang memungkinkan untuk terjadinya penyebaran virus kita kurangi.

Mulai beraktifitas seperti semula saat new normal memang memerlukan persiapan yang maksimal. Jadi, semoga program 5M diatas dapat bermanfaat untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Tim pembinaan mengingatkan kepada seluruh komponen dan elemen masyarakat untuk saling mengingatkan terkait dengan 5 M, agar penyebarluasan virus ini tidak terjadi dan covid19 ini segera berakhir.

About Humas 19 Articles
Anggota BPD Desa Sinanggul

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan