PELAYANAN DESA SINANGGUL

pelayanan umum
pelayanan surat pengantar

SYARAT PELAYANAN  WARGA DESA SINANGGUL

PELAYANAN UMUM PEMERINTAH DESA SINANGGUL KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA

PEMERINTAH KABUPATEN JEPARA

KECAMATAN MLONGGO

PELAYANAN UMUM

KANTOR BALAI DESA SINANGGUL

Jalan Raya Jepara – Bangsri  KM 08  KodePos 59452  Jepara

 

 

 

PERSYARATAN PENGANTAR KEPENDUDUKAN

  1. PELAYANAN PENGANTAR MEMBUAT e-KTP

PEMULA

( Bagi yang belum pernah perekaman e-KTP)

  1. Surat Pengantar RT Setempat
  2. Pas Foto Ukuran 3×4 : 1 lembar
  3. Jika tahun lahir genap, maka backround foto warna BIRU
  4. Jika tahun lahir ganjil, maka backround foto warna MERAH
  5. Fotocopy Kartu Keluarga : 1 lembar

 

“Jika terjadi kekeliruan atau perbedaan identitas pada Kartu Keluarga  meliputi ( Nama, NIK, Tempat, tanggal bulan tahun  lahir, atau Nama Orangtua) dengan Akte Kelahiran, maka persyaratan ditambah nomor empat (4)”

 

  1. Kartu Keluarga asli.
  2. Fotocopy Akte Kelahiran ( Sebagai dasar perubahan identitas ).        : 1 lembar
  3. Fotocopy Buku Nikah Orangtua : 1 lembar

( sebagai berkas pendukung setiap melakukan perubahan Kartu Keluarga )

  1. Materai 6000 : 1 lembar

 

“Jika terjadi kekeliruan atau perbedaan identitas pada Kartu Keluarga meliputi  (Nama, NIK, Tempat tanggal bulan tahun  lahir atau Nama Orangtua) dengan Ijazah, maka persyaratan  ditambah nomor lima (5)”

 

  1. Kartu Keluarga asli
  2. Fotocopy Ijazah (Sebagai dasar perubahan identitas)              : 1 lembar
  3. Fotocopy Buku Nikah Orangtua : 1 lembar

( sebagai berkas pendukung setiap melakuan perubahan Kartu Kelarga ).

  1. Materai 6000 : 1 lembar

 

“ Jika terjadi kehilangan  Kartu Keluarga  asli, maka persyaratan ditambah nomor enam (6)”

  1. Materai 6000 : 1 lembar

 

 

MEMBUAT e-KTP DIKARENAKAN RUSAK

  1. Surat pengantar RT Setempat
  2. Pas Foto ukuran 3×4 : 1 lembar
  3. Jika tahun kelahiran genap, maka backround foto warna BIRU
  4. Jika tahun kelahiran ganjil, maka backround foto warna MERAH
  5. Kartu Tanda Penduduk asli (e-KTP) yang rusak
  6. Fotocopy Kartu Keluarga : 1 lembar

 

Kriteria e-KTP ( Kartu Tanda Penduduk ) Rusak

  1. Tulisan identitas sudah tidak dapat dibaca
  2. Foto di e-KTP sudah tidak jelas
  3. Kartu e-KTP pecah terpisah

 

 

MENGGANTI STATUS PERKAWINAN  e-KTP

  1. MENGGANTI SETATUS PERKAWINAN,  CERAI HIDUP
  2. Surat Pengantar RT Setempat
  3. Pas foto ukuran 3×4 : 1 lembar
  • Jika tahun kelahiran genap, maka backround foto warna BIRU
  • Jika tahun kelahiran ganjil, maka backround foto warna MERAH
  1. Fotocopy Buku Merah (Surat Cerai dari Pengadilan Agama) : 1 lembar
  2. Kartu Keluarga asli
  • Jika Kartu Keluarga hilang maka harus membawa Materai 6000 (1 lembar)

 

“Jika terjadi kekeliruan atau perbedaan identitas pada Kartu Keluarga  meliputi ( Nama, NIK, Tempat tanggal bulan tahun  lahir, atau Nama Orangtua) dengan Akte Kelahiran, maka persyaratan ditambah nomor lima (5)”

 

  1. Fotocopy Akte Kelahiran (Sebagai dasar perubahan identitas).           : 1 lembar
  2. Materai 6000 : 1 lembar

 

“Jika terjadi kekeliruan atau perbedaan identitas pada Kartu Keluarga meliputi  (Nama, NIK, Tempat tanggal bulan tahun  lahir atau Nama Orangtua) dengan Ijazah, maka persyaratan  ditambah nomor enam (6)”

 

  1. Fotocopy Ijazah (sebagai dasar perubahan identitas)               : 1 lembar

b    Materai 6000                                                                           : 1 lembar

 

  1. MENGANTI STATUS PERKAWINAN, CERAI MATI
  2. Surat Pengantar RT Setempat
  3. Pas foto ukuran 3×4 : 1 lembar
  • Jika tahun kelahiran genap, maka backround foto warna BIRU
  • Jika tahun kelahiran ganjil, maka backround foto warna MERAH
  1. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) dua orang saksi                      : 1 lembar
  2. Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) asli
  • Jika terjadi kehilangan e-KTP asli, maka diwajibkan membawa Materai 6000 (1 lembar)
  1. Kartu Keluarga (KK)
  • Jika terjadi kehilangan Kartu Keluarga asli, maka diwajibkan membawa Materai 6000 (1)
  • Dan membaa fotocopy Kartu Keluarga : 1 lembar

 

  1. PELAYANAN PENGANTAR MEMBUAT KARTU KELUARGA

PERSYARATAN MEMBUAT KARTU KELUARGA (MANDIRI/TERPISAH)

Dimaksutkan persyaratan membuat Kartu Keluarga tersebut adalah membuat Kartu Keluarga secara terpisah  namun status perkawinan masih tetap sama dengan Kartu Keluarga yang lama.

Adapun Persyaratan membuat Kartu Keluarga tersebut adalah :

  1. Surat Pengantar RT Setempat
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Kartu Keluarga Asli (Lama)

 

PERSYARATAN MEMBUAT KARTU KELUARGA SETELAH MENIKAH

Dimaksutkan membuat Kartu Keluarga setelah manikah adalah membuat Kartu Keluarga sekaligus merubah status perkawinan di Kartu Tanda Penduduk elektronik ( e-KTP )

Adapun Persyaratan tersebut diatas adalah

  1. Surat Pengantar RT Setempat
  2. Kartu Keluarga Asli ( bagi penduduk asli untuk tempat tinggal )

“ Jika suami istri masih dalam satu desa, maka Kartu Keluarga yang asli keduanya harus dibawa “

  1. Pas foto ukuran 3X4 dua lembar
  2. Fotocopy Buku Nikah satu lembar
  3. Kartu Tanda Penduduk asli suami istri

“ Jika terjadi kehilangan Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) atau Kartu Keluarga asli, maka harus membawa Materai 6000 (1 lembar) untuk membuat Surat Pernyataan Kehilangan di Kantor Balai Desa Sinanggul “

“ Jika salah satu suami atau istri penduduk dari luar Desa, Kecamatan, Kabupaten (Kota), atau Provinsi, maka persyaratan tersebut bertambah yaitu membawa Surat Pengantar Pindah dari daerah asal “

“ Jika suami atau istri penduduk dari luar daerah Kabupaten (Kota),atau  Provinsi maka harus  ke Kantor DISDUKCAPIL Kabupaten Jepara terebih dahulu dengan membawa Surat Pengantar Pindah dari daerah asal sebelum ke kantor Balai Desa Sinanggul “

  1. PELAYANAN PENGANTAR PINDAH PENDUDUK

PERSYARATAN PINDAH PENDUDUK

Dimaksutkan  persyaratan pindah penduduk tersebut akan berbeda tergantung daerah tujuan, yaitu  antar Desa, antar Kecaatan, antar Kabupaten/Kota,dan Antar Provinsi.

Adapun persyaratan tersebut diatas adalah

  1. Surat Pengantar RT Setempat
  2. Fotocopy Buku Nikah (bagi yang sudah menikah)
  3. Atar RT : 2 lembar
  4. Antar Desa : 5  lembar
  5. Antar Kecamatan : 7  lembar
  6. Antar Kabupaten/Kota dan Provinsi : 11 lembar
  7. Fotocopy Kartu Keluarga
  8. Antar RT : 2 lembar
  9. Antar Desa : 5 lembar
  10. Antar Kecamatan : 7 lembar
  11. Antar Kabupaten/Kota dan Provinsi : 11 lembar
  12. Fotocopy e-KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  13. Antar RT : 2 lembar
  14. Antar Desa : 5 lembar
  15. Antar Kecamatan : 7 lembar
  16. Antar Kabupaten/Kota dan Provinsi : 11 lembar

“ Jika yang pindah adalah satu keluarga, maka yang dipakai adalah fotocopy e-KTP kepala keluarga“

  1. Fotocopy Surat Cerai (bagi yang sudah bercerai)
  2. Antar RT : 2 lembar
  3. Antar Desa : 5 lembar
  4. Antar Kecamatan : 7 lembar
  5. Antar Kabpaten/Kota dan Provinsi : 11 lembar
  6. Pas Foto ukuran 3×4
  7. Antar RT : 3 lembar
  8. Antar Desa : 7 lembar
  9. Antar Kecamatan : 9 lembar
  10. Antar Kabupaten/Kota dan Provinsi : 13 lembar

“ Jika yang pindah adalah satu keluarga, maka foto yang dipakai adalah foto kepala

keluarga“

  1. Kartu Keluarga asli

“ Jika terjadi kehilangan Kartu Keluarga asli, maka diharuskan membawa Materai 6000 (1 lembar) untuk membuat Surat Pernyataan Kehilangan dari kantor balai desa Sinanggul”

  1. Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) asli

“ Jika terjadi kehilangan e-KTP asli, maka diharuskan membawa Materai 6000 (1 lembar) untuk membuat Surat Pernyataan Kehilangan dari kantor balai desa Sinanggul”

 

  1. PELAYANAN PENGANTAR PERNIKAHAN

PERSYARATAN SURAT PENGANTAR PERNIKAHAN

 

  1. Surat Pengantar RT Setempat
  2. Fotocopy Kartu Keluarga : 1 lembar
  3. Fotocopy Kartu Keluarga Calon Suami/Istri (Bagi yang pindah nikah) : 1 lembar
  4. Fotocopy e-KTP                         : 1 lembar
  5. Fotocopy Akta Kelahiran (Jika ada)                                                   : 1 lembar
  6. Fotocopy Ijazah Terakhir (Jika ada)                                                   : 1 lembar
  7. Pas Foto
  8. Ukuran 2×3 : 4 lembar
  9. Ukuran 4×6 : 2 lembar
  10. Fotocopy Surat/Buku Nikah Orangtua

(Jika Calon pengantin perempuan muslimah anak pertama)

  1. Akta Cerai asli ( Jika Duda/ Janda Cerai hidup )
  2. Surat Keterangan Kematian ( Jika Duda/ Janda Cerai Mati )
  3. Surat Keterangan Kesehatan/Imunisasi dari PUSKESMAS

“ Untuk calon pengantin yang beragama Kristen, Hindu, dan Budha  harus disertai Surat Keterangan dari tempat ibadah masing-masing yang memiliki Hak atas dirinya “

 

  1. PELAYANAN PENGANTAR MEMBUAT AKTA KELAHIRAN

PERSYARATAN MEMBUAT AKTE KELAHIRAN

  1. Surat Pengantar RT Setempat
  2. Kartu Keluarga asli

“ Jika terjadi kehilangan Kartu Keluarga asli, maka diharuskan membawa Materai 6000 (satu lembar) untuk membuat Surat Pernyataan Kehilangan di Kantor Balai Desa”

 

  1. Fotocopy e-KTP (Orangtua)
  2. Fotocopy e-KTP Ayah : 2 lembar
  3. Fotocopy e-KTP Ibu : 2 lembar
  4. Fotocopy dua orang saksi masing-masing : 1 lembar
  5. Fotocopy Surat/Buku Nikah Oangtua` : 2 lembar
  6. Surat Keterangan Kelahiran (Dari Bidan/Puskesmas/Klinik/Rumah Sakit)
  7. Fotocopy Surat Keterangan Kelahiran : 1 lembar

 

  1. PELAYANAN SURAT KETERANGAN (RINGAN)

PERSYARATAN MEMBUAT IZIN HIBURAN

  1. Surat Pengantar RT Setempat
  2. Fotocopy e-KTP : 1 lembar
  3. Fotocopy Sertifikat Hiburan (DAKEP) : 1 lembar

 

 

PERSYARATAN MEMBUAT SKCK

( Surat Keterangan Catatan Kepolisian )

  1. Surat Pengantar RT Setempat
  2. Fotocopy Kartu Keluarga :
  3. Fotocopy e-KTP
  4. Fotocopy Akte Kelahiran (Jika ada)

“ Bagi yang tidak memiliki Akta Kelahiran, maka dibuatkan Surat Keterangan Lahir dari Kantor Balai Desa “

  1. Pas Foto Warna Merah
  2. Ukuran 3×4 : 2 lembar
  3. Ukuran 4×6 : 4 lembar
  4. Fotocopy Kartu Identitas Sidik Jari ( Dari POLRES Jepara )

“ Jika Kartu Identitas Sidik Jari belum ada dan membuat surat pengantar SKCK di kantor Balai Desa terlebih dahulu, maka diharuskan membuat Identitas Sidik Jari sebelum ke Kantor POLSEK Mlonggo”

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan