Pelatihan Microsof Office Bagi Perangkat Desa oleh Unisnu Jepara

Sinanggul 13/5 Pemerintah Desa Sinanggul bersama dangan Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara melaksanakan kegiatan pelatihan microsof office bagi perangkat desa sinanggul. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya dari program pengabdian Dosen Unisnu Jepara. Pelatihan kali ini dihadiri dari beberapa unsur diantaranya pemerintah desa, BPD dan perwakilan masyarakat.

Hadir secara langsung petinggi sinanggul A. Sholeh, dalam sambutan disampaikan ucapan terima kasih kepada tim pengabdian dari Unisnu Jepara terutama Dosen Pak Fatchur Rohman, SE, M.Si dan Pak Aan Zainul Anwar yang telah berkenan mendampingi perangkat desa Sinanggul terkait dengan penggunaan teknologi utamanya adalah penggunaan komputer untuk proses peningkatan pelayanan publik/masyarakat. Kegiatan kali ini merupakan kegiatan lanjutan hasil koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh dosen tim pengabdian Unisnu Jepara di desa Sinanggul. Harapan dari kegiatan kali ini adalah para perangkat desa dapat langsung mengimplementasikan pada pelayanan penyediaan surat menyurat kepada masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balaidesa Sinanggul tersebut difasilitatori oleh Dosen dari Unisnu Jepara melalui program pengabdian dosen dengan difasilitasi oleh Ristekdikti. Disampaikan oleh Fatchur Rohman selaku fasilitator dan pelaksana kegiatan pengabdian menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah peran pemerintah desa yaitu penyelenggaraan layanan pemerintah desa kepada masyarakat harus memiliki inovasi dan kreatifitas agar mempermudah melayani kebutuhan masyarakat. Dikatakan bahwa saya yakin desa mengetahaui jenis pelayanan rutin yang diberikan oleh pemerintah desa atau, tetapi tidak mengetahui prioritas apa yang harus dikembangkan terkait dengan pelayanan rutin, kata Fatchur. Pemerintah desa memiliki tanggungjawab untuk mensejahterakan masyarakat salah satunya menjalankan perannya diatas yaitu penyediaan administrasi yang dibutuhkan oleh masyarakat secara cepat. Karena pemerintah desa memiliki peran yang cukup signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat maka perlu sekali adanya peningkatan kompetensi personil/ sumberdaya manusia perangkat desa terkait dengan metode pelayanan prima. Melalui pelayanan administrasi yang mudah maka setiap permohonan surat dari masyarakat dapat langsung dilayani dengan cepat.

Sistem Informasi Dokumen Layanan Desa (SIDOKDES) menjadi salah satu iinovasi dari pemerintah desa sinanggul bersama dengan tim program kemitraan masyarakat dosen Unisnu Jepara yang difasilitasi oleh ristek dikti, maka jika Sistem Informasi Dokumen Layanan Desa (SIDOKDES) dapat berjalan dengan baik maka pelayanan masyarakat dapat dilayani dengan baik.

About Humas 9 Articles
Anggota BPD Desa Sinanggul

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan